Jalan Mencapai Derajat Waliyullah

Pengertian Wali Allah

Dalam kitab Sirojuttholibiin, Syaikh Ihsan bin Dahlan Al- Jampesi, Hal : 16, Diterangkan ;Menurut fatwa Syaikh Sa’id yang dinukil oleh Syaikh Ibnu Mudabighi, pengertian wali adalah ; Orang yang ma’rifat terhadap Allah dan sifat-sifatNya denganistiqomah menjalankan ta’at,menjauhi segala larangan dan berpaling dari bujukan ladzatnya dunia dan syahwat.

Maka jika ada orang yang dikasih gelar wali atau mengaku wali tapi perbuatannya menyimpang dari syari’at islam, maka dia sesungguhnya ia wali setan.

Syarat-syarat Mencapai Derajat Waliyullah

Syaikh Alyuusi berkata ; Sebagian para Imam mengatakan ; Seseorang tidak bisa mencapai derajat wali, kecuali dengan empat syarat :

* Mengetahui ushuliddin ( pokok2 agama ), sehingga ia mampu membedakan antara pencipta dan makhluk yang diciptakan, juga bisa membedakan antara nabi dan orang yang mengaku nabi.

* Mengetahui hukum-hukum syari’at baik secara naql maupun dalam hal pemahaman dalil, dengan perumpamaan, seandainya Allah mencabut ilmunya dibumi,niscaya akan bisa ditemukan pada orang tersebut.

* Mempunya sifat-sifat terpuji, seperti ; wira’Idan ikhlash dalam setiap amal.

* Selama-lamanya dalam keadaan tidak pernah merasa tenang hatinya, karena merasa tidak tahu apakah dia tergolong orang-orang beruntung ataukah celaka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s